Selasa, 22 Oktober 2013

pertemuan 6



Promosi dan Pemeliharaan Website


Promosi Website
                Promosi website adalah bagaimana user dapat menemukan dan mendapatkan  informasi dari website. terutama untuk aplikasi web yang komersil.
Promosi website terbagi 2 :
1.       Promosi Offline
        Promosi Offline melalui media konvensional seperti:
a.      Media Cetak, seperti  majalah,  koran,  tabloid dll. 
b.      Media Elektronik Promosi melalui televisi atau radio.
c.       Media  lainnya  seperti  Kartu  nama,  Pamflet, Leaflet/brosur,  Kop  surat,  Billboard,               Spanduk/umbul-umbul, dsb.

2.      Promosi Online
Promosi Online melalui media konvensional seperti:
a.       Newsletters
Newsletters didistribusikan melalui Email  Merupakan  media  yang  efektif  untuk  mendapatkan  pelanggan  baru  dan  menyediakan  informasi  untuk  pelanggan serta membentuk relasi yang kuat.

b.      Affiliate Marketing
Affiliate  Marketing  adalah  revenue  sharing  antara pemasang  iklan  online  dengan     penjual  online/pemilik website melalui perdagangan online produk, jasa/service atau  pekerjaan dari  aplikasi  web  milik  sesorang  yang diintegrasikan ke aplikasi web affiliate.
Affiliate  marketing  sering  terkait  dengan  hilangnya identitas  sendiri,  menawarkan  bentuk  yang  efisien  dari iklan  dengan  biaya  startup  relatif  rendah  untuk  menarik lebih banyak pengunjung dan untuk membuat situs Web populer.  Sebagian  besar  perjanjian  pembagian  berdasarkan model  pay-per-performance,  model  bisnis  berbasis  web yang  mengumpulkan  biaya  hanya  jika  konsumen menyelesaikan  transaksi  (Hoffmann  and  Nowak  2005, Rappa 2003). 

Jenis Affiliate Marketing:
1.       Banner exchange
2.       Pay per click
3.       Revenue sharing

Faktor sukses dari Affiliate Marketing:
1.       Integrasi ke situs afiliasi tidak boleh hanya didasarkan pada  link  sederhana  atau  banner,  tapi  harus memberikan nilai tambah kepada pengguna.
2.       Sebuah  topik  afinitas  kuat  antara  situs  afiliasi  dapat meningkatkan minat pengguna
3.       Ketika  mempersiapkan  sebuah  kontrak,  harus mencapai  kondisi win-win condition.

c.       Search Engine Marketing
Search  engine  didasarkan  pada  konsep  konvensional information  retrieval  systems tahun  1960-an,  yang  ditujukan  untuk  menyimpan  dan mengambil  repositori  data  tekstual  (Salton  and  McGill 1983, Baeza-Yates and Ribeiro-Neto 1999)
Search  engine  marketing  (juga  disebut  mesin  pencari promosi)  mencoba  untuk  memenangkan  kontrak  yang relevan  dengan  muncul  pada  halaman  hasil  pencarian dari layanan. Promosi  Search  engine  bisa  dilakukan  dengan  cara membayar dan bisa secara gratis. Search engine yang sangat populer didunia  diantaranya:
1.       Google (http://www.goggle.com)
2.       AllTheWeb (http://www.alltheweb.com)
3.       Yahoo (http://www.yahoo.com)

Sistem kerja mesin pencari WWW secara umum terdiri:
1.        Crawler
Crawler merupakan  suatu  program  yang  mengambil  halaman-halaman  web,  yang  akan  digunakan  oleh  mesin pencari.
2.        Indexer
Indexer melakukan  proses  pembuatan  index  untuk  halaman-halaman  tersebut  dan  juga  melakukan  pembuatan rangkuman dan analisis terhadap isi halaman web
3.        Searcher
  Berfungsi  sebagai  interface  antara  user  dengan keseluruhan  sistem.  Subsistem  searcer  menangani masukan query dari pemakai dan kemudian melakukan pencarian  terhadap  isi  index  untuk  mencari  halaman web  yang  cocok.  Hasil  proses  pencarian  kemudian diberi bobot/ranking.
Hal yang harus diperhatikan dalam Sercher antara lain :
·   Memberikan judul pada tag title, dianjurkan mengandung  penjelasan atas halaman dan situs web-nya.
·   Memberikan  meta  keywords  pada  setiap  halaman  web.
·  Memberikan  meta  description,  yang  menggambarkan halaman web-nya.
·   Gunakan  tag  heading  untuk  setiap  judul  pada  isi halaman web



d.      Content-related Marketing
Pelopor  absolut  berkaitan  dengan  konten  pemasaran yang berhubungan dengan bentuk iklan semakin populer adalah mesin pencari Google. Google  mengembangkan  program  khusus  yang  disebut AdWords  (http://www.adwords.google.com)  untuk menjangkau  pelanggan  potensial  dengan  cara  yang ditargetkan. Program  tambahan  ini  memungkinkan  untuk menempatkan  iklan  yang  sesuai  baik  pada  halaman hasil pencarian dan pada halaman situs afiliasi Web. Kampanye  AdWords  digunakan  untuk  menjangkau pengguna mencari kata kunci khusus dalam Google dan memasang iklan di aplikasi Web yang terkait.

e.      Domain Management
Setiap  aplikasi  Web  memiliki  alamat  internet  yang digunakan  untuk  akses  unik  dan  langsung  ke  Aplikasi web.  Alamat  ini  memiliki  arti  strategis  yang  penting  untuk tujuan pemasaran. Saat  ini  banyak  perusahaan  pendaftaran  domain  yang bertanggung  jawab  menetapkan  dan  mengelola  domain dan operasi pada tingkat nasional dan global. Dianjurkan  hanya  menggunakan  satu  domain  tunggal yang  berfungsi  untuk  komunikasi  dengan  dunia  luar yang disebut domain master, dan domain sekunder yang berhubungan  dengan  master  domain  dan  produk maupun  jasa,  hal  ini  memungkinkan  sebagai  traffic-generator.

f.         Milis
Milis  adalah  sebuah  alamat  email  yang  digunakan  oleh sekelompok  pengguna  internet  untuk  melakukan kegiatan tukar menukar informasi.  Setiap  pesan  yang  dikirimkan  ke  alamat  sebuah  milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. 
Milis  umumnya  dimanfaatkan  sebagai  sarana  diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Milis juga dapat digunakan sebagai tempat promosi situs web, tapi hati-hati jangan sampai email dianggap spam. Promosikan  ke  milis  yang  sejenis  dengan  situs  web dengan  tidak  secara  langsung  mengajak  atau mengunjungi  situs  web  tetapi  berikan  tawaran  yang bermanfaat bagi anggotanya.
Pemeliharaan Website
1.      Upload Situs Web
Proses  memindahkan  atau  memasang  dari  server  lokal keserver hosting disebut proses Upload.
Hal yang harus diperhatikan:
a.      Webhosting Teknik dan Tool untuk upload situs web
Memonitor dan mengevaluasi Situs Web Lalu lintas aliran data (Website Traffic) Untuk  melihat  aliran  data  dapat  melihat  statistik  situs web.  Disini  dapat  diketahui  banyaknya  pengunjung, siapa  yang  mengunjungi,  seberapa  suka  pengunjung  pada  website  dan  juga  halaman  mana  saja  yang  sering dikunjungi.

b.      Performa Situs (Website Performance)
 Untuk  melakukan  evaluasi  dapat  digunakan  performa situs.  Evaluasi  meliputi:  Aksesibilitas  dan  Performa Situs.
c.       Feedback
Feedback  merupakan  umpan  balik  terhadap  suatu proses, kejadian atau layanan Feedback  berfungsi  untuk  mengontrol,  memberikan kontribusi dan mengembangkan sebuah website. Adanya  feedback  memungkinkan  perkembangan sebuah  website  menjadi  sesuai  dengan  kebutuhan pengguna
d.      Update Situs Web
Update situs Web adalah memperbarui  situs  web  dengan  sesuatu  yang  baru, dengan  mempertimbangkan  kebutuhan  pengunjung  dan situs web itu sendiri. Update Situs Web
e.      Memperbarui Desain Web
f.        Memperbarui Fasilitas
g.       Memperbarui Content

1 komentar:

  1. sands casino - Seattle, WA
    Find our latest game list here at Slot machine หารายได้เสริม 【www.sportspromedia.com】 and play your favorite 샌즈카지노 slots, blackjack and video poker at 제왕 카지노 our online casino!

    BalasHapus

Efek Menarik Untuk Blog