Selasa, 22 Oktober 2013

pertemuan 1



TERMINOLOGI  PERANCANGAN WEB

WEB  DESIGN  adalah  seni  dan  proses  dalam  menciptakan halaman  web  tunggal  atau  keseluruhan  dan  bisa  melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yang yang utama memusatkan pada look  dan feel ari situs web tersebut.
WEB  ENGINEERING  adalah  aplikasi  pendekatan  sistematis dan terukur (konsep, metode, teknik, alat) untuk biaya-efektif sebagai  syarat  analisis,  implementasi,  desain,  pengujian, pengoperasian dan  pemeliharaan  aplikasi  web  berkualitas tinggi.
Mood  adalah  dasar  dari  sebuah  desain  untuk  memberikan pesan  kepada  pengunjung  mengenai  perasaan  dari  situs tersebut, tampilan situs bisa membawa rasa sedih
                DESAINER  WEB  adalah  orang  yang  bertugas  mendesain halaman  web  yang  menentukan  look  dan  feel  yang mempunyai  kemampuan  mencari  dan  menentukan  ide  dan kemudian  mengolahnya dalam  pikiran,  menggunakan  ide secara  efektif,  menentukan  nilai  dari  ide  tersebut, menempatkan dengan benar dan memakainya dengan tepat.
WEB DESIGN dapat didefinisikan sebagai Pemrograman yang berfungsi sebagai back-end dari situs dan Pengembangan tampilan front-end

Fungsi Situs We
1.       Fungsi Komunikasi
2.      
Fungsi informasi
3.      
Fungsi entertainment
4.      
Fungsi transaksi

Jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuan:

1.      
Alat Pemasaran
2.      
Nilai Tambah
3.      
Katalog
4.      
E-Commerce
5.      
E-Learning
6.      
Komunitas
7.      
Portal
8.      
Personal 

  
 Kategori dari Web Aplications:
1.        Document Centric  : static homepage, web radio, company website.
2.      
Interactive    : virtual exhibition, news site, time table information.
3.      
Transactional    : online banking, online shopping, booking system.
4.      
Workfloe-based  : e-government, B2B solution, patient workflow
5.      
Collaborative    : chatroom, e-learning platform, P2P services
6.      
Ubiquitous    : customized services, location-aware service
7.      
Semantic Web   : reommender system, syndication, knowledge management.
8.      
Social Web    : weblogs, collaborative filtering, virtual shared workspace. Karakteristik dari Web           Apalications

Product-Related  Characteristic
Merupakan blok  utama dari aplikasi Web, yang terdiri dari: 
a.        Content, 
Document-centric  character  and  multimediality  disini struktur  yang  disediakan  sebagai  tabel,  teks,  grafik, animasi, video, audio. Quality demands, tergantung pada area aplikasi, isi aplikasi Web tidak hanya berbeda frekuensi update, tetapi juga untuk metrik kualitas yang berbeda mengenai informasi yang up to date, tepat, konsisten dan dapat diandalkan. Product-Related  Characteristic
b.      Hypertextual structure (navigational structure) Elemen  dasar  model  hypertext  adalah  node,  link  dan jangkar. Fitur  penting  dari  paradigma  hypertext  adalah  Non-linearity, Disorientation and cognitive overload.
c.       Presentation (user interface). Ada 2 fitur utama: Aesthetics dan Self-explanation
 Usage-related Characteristics Dibagi dalam 3 bagian yaitu:
1.       Social Context: Users
Mengacu  pada  aspek  pengguna  tertentu  seperti Spontaneity dan Multiculturality
2.  Technical Context: Network and Devices  Konteks  teknis  yang  terdiri  dari  properti  yang berhubungan  dengan  koneksi  jaringan  tentang  Quality  of service, dan perangkat keras dan perangkat lunak perangkat yang  digunakan  untuk  mengakses  aplikasi  Web  untuk  Multi-platform delivery
3.   .Natural Context: Location and Time  Mencakup aspek lokasi dan waktu akses.  Sedangkan  Globality  dan  availability  membuat  tingkat heterogenitas yang tinggi
Development-related Characteristic
Pengembangan aplikasi Web ini ditandai oleh sumber daya yang diperlukan:
1.       The Development Team  Pengembangan  aplikasi  Web  sangat  dipengaruhi oleh  kenyataan  bahwa  pembangunan  tim  yang multidisciplinary  dan  umumnya  masih  muda  serta community development.
2.      
Technical Infrastructure Karakteristik  yang  penting  disini  adalah inhomogeneity  dan immaturity. Development-related Characteristic
3.      
Process pembangunan  adalah  kerangka  untuk semua karakteristik yang berkaitan dengan pembangunan, dan pada gilirannya dipengaruhi oleh flexibility dan parallelism
4.      
Integration Karakteristik  khusus  dari  banyak  web  adalah internal dan external integration.
Evolusi  merupakan  karakteristik  yang  mengatur  semua  tiga dimensi produk, penggunaan dan pengembangan
Kebutuhan akan evolusi dapat dikatakan untuk:
1.      
Continuous change
2.      
Competitive pressure
3.      
Fast pace
Evolusi WEB
Tujuan  awal  penciptaan  dari  web  adalah  untuk  memfasilitasi  dan mempermudah  berbagi  informasi  antara  beberapa  ilmuwan menggunakan  situs  Web  sederhana  yang  terutama  terdiri  dari dokumen teks hyperlink. Kontribusi  dari  masing-masing  disiplin  ilmu  ini  pada  evolusi dan pertumbuhan dari Web adalah:
a.      
Media:  integrasi  dari  berbagai  jenis  media  seperti  data, teks, grafik, gambar, audio dan video,  dan presentasi (animasi,  visualisasi  3D);  jenis  interaksi  dan  saluran komunikasi  (satu-ke-satu,  satu-ke-banyak,banyak-ke-satu, dan banyak-ke-banyak).
b.     
Informasi  ilmu:  informasi  organisasi,  presentasi,  indexing, retrieval,  agregasi,  manajemen,  kolaboratif  dan pembuatan konten.
c.      
Informasi dan teknologi komunikasi dan jaringan: efisien dan costeffective penyimpanan, pengambilan,  pengolahan, dan penyajian informasi; infrastruktur yang memfasilitasi transfer dan berbagi data dan informasi; kabel dan komunikasi internet nirkabel,  aplikasi Web pribadi.
Spesifikasi WEB
1.      
Multidisciplinarity Pengembangan aplikasi web membutuhkan partisipasi dari para ahli dari berbagai disiplin.
2.      
Unavailability of Stakeholders Selama  aktivitas  pengembangan  web,  user  yang  benar-benar menggunakan belum diketahui.
3.      
Persyaratan volatilitas dan kendala Hambatan  seperti  properti  dari  platform  penyebaran  atau komunikasi  lebih  mudah  saat  mengembangkan  sistem perangkat lunak konvensional daripada aplikasi Web .
4.      
Lingkungan Operational yang sulit diprediksi Lingkungan  operasional  aplikasi  Web  juga  sangat  dinamis dan sulit diprediksi
5.      
Dampak Sistem Legacy Pengembangan  aplikasi  Web  ini  ditandai  dengan  integrasi perangkat  lunak  dengan  komponen  yang  ada  seperti  produk  komersial  dengan  perangkat  lunak  open source.
6.      
Aspek Kualitas Kualitas  aspek  menentukan  bagi  keberhasilan  aplikasi  Web  Contohnya  kinerja  aplikasi  Web,  keamanan  di  e-commerce, ketersediaan, atau kegunaan.
7.      
Kualitas Antar muka Pengguna Kualitas antarmuka pengguna adalah aspek lain keberhasilan-kritis  dari  aplikasi  Web  dengan  prinsip  IKIWISI  ((I  Know  It When I See It)
8.      
Pengembang yang kurang berpengalaman  Banyak  teknologi  yang  mendasari  dalam  aplikasi  Web  yang masih  cukup  baru  sehingga  pengalaman  dengan  alat-alat  teknologi  pembangunan,  standar,  bahasa,  dapat menyebabkan  perkiraan  yang  salah  dalam  menilai  kelayakan dan biaya pelaksanaan.
9.      
Tanggal Pengiriman  Banyak  proyek  web  desain  harus  memenuhi  deadline  proyek  sehingga prioritas kebutuhan adalah hal utama.

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
1. .Memahami Konteks Sistem 
·         Mendukung tujuan bisnis pelanggan
·          Menganalisa dan menjelaskan proses bisnis yang ada analisis  bisnis  dapat  menentukan  nilai  dari  sebuah  aplikasi 
·          Web dalam kaitannya dengan sumber daya 
2. Melibatkan Stakeholder
  Kerjasama  aktif  dan  langsung  dalam  mengidentifikasi  dan
negosiasi persyaratan penting dalam setiap fase proyek.
3. Iterative Definition
          Pada  awal  proyek,  persyaratan  utama  biasanya  didefinisikan pada tingkat yang lebih tinggi.
 4. Fokus pada Arsitektur Sistem 
  "Ruang  solusi“  dapat  mendefinisikan  "ruang  masalah"  dan pemahaman  elemen  solusi  teknis  dengan  kemungkinan  dan keterbatasan
5. Risiko Orientasi
·         Masalah tidak terdeteksi, 
·         Masalah yang belum terpecahkan
·          Menghindari  masalah  IKIWISI,  rilis  awal  dari  suatu  aplikasi
·         Web  untuk  mengumpulkan  umpan  balik  pengguna,  atau disatukan  komponen  awal  eksternal  untuk  menghindari integrasi yang terlambat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Menarik Untuk Blog